• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

Pengajian Tunas Mentari Kelas 4B Periode Februari 2019, Menyiapkan Ananda Menyongsong Akil Balighnya

sdmuhwirobrajan3.sch.id. Pada tanggal 9 Februari 2019 telah dilaksanakan Pengajian Tunas Mentari kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Acara kali ini bertempat di kediaman Bapak Wahyu Tri Hamboro yang merupakan orang tua dari ananda Hafizh Fazli Athallah Eugene. Wali siswa dan anak- anak dari kelas 4B tampak antusias menghadiri acara tersebut.

Acara dibuka dengan pembacaan hafalan Quran Surat Al-Lail oleh anak-anak kelompok 2 Pengajian Tunas Mentari kelas 4B. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Cahyono S.Ag selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3.Wali Kelas 4B Bapak Didik Firmanto, S.pd kemudian menyampaikan beberapa informasi mengenai prestasi yang telah diraih anak-anak kelas 4B dalam berbagai Lomba pada saat acara Milad  ke 48 SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, diantaranya:

  1. Juara 1 lomba Adzan diraih oleh ananda Sakha Wahyu S
  2. Juara 2 lomba Tahfidz diraih oleh ananda Hafidz Tahta Rieldan
  3. Juara 2 lomba  Tartil Putra diraih oleh ananda Muh.Novalhaj Annadi
  4. Juara 3 Lomba Tartil Putri diraih oleh ananda Nabila Faizah
  5. Juara Harapan 3  Lomba Tilawah diraih oleh ananda Daranindra Claudia E

Mama dari ananda Fayha Ilma Rosyada selaku perwakilan dari panitia kelompok 2 juga memberikan ucapan terima kasih atas kehadiran semuanya dan berharap acara ini dapat mempererat tali silahturrahim antar pihak sekolah, siswa, & wali siswa kelas 4B.

Pengajian kali ini mengambil tema “Menyiapkan Ananda Menyongsong Akil Balighnya” bersama narasumber Ustad Muhammad Fatan Ariful Ulum S.psi, Pimpinan Pondok Pesantren Rumah Sajada. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa Rasulullah adalah teladan terbaik dalam mendidik anak. Orang tua harus mendidik anak agar kelak tumbuh menjadi pribadi yang matang dan dewasa bukan menjadi pribadi yang kekanak-kanakan. Selain itu juga dibutuhkan kerjasama dan peran serta dari kedua orang tua dalam mendidik anak di masa akil baligh karena pada masa ini anak juga membutuhkan peran ayah dan ibu sebagai teman yang baik bagi anak sehingga bisa dengan mudah menanamkan good value pada anak.  

Ada 3 hal yang menjadi kewajiban orang tua untuk mempersiapkan anak sebelum memasuki usia akil baligh yaitu:

  1. Mengajarkan anak untuk menguasai Fiqh Ibadah Praktis khususnya bab Thaharah (Wudhu,Tayamum,& mandi wajib).
  2.  Mengajarkan anak untuk menjaga kualitas Shalat 5 waktunya, sehingga diharapkan jika anak dapat menjaga kualitas shalatnya maka imannya juga akan terjaga. Dengan iman yang kuat maka anak dapat menghadapi lingkungan pergaulannya dengan baik.
  3. Mengajarkan anak agar menguasai keterampilan hidup (life skill).

Anak laki-laki dibekali keterampilan hidup yang kelak dapat mendukung dia untuk hidup mandiri dan memberikan penghasilan sendiri, sedangkan untuk anak perempuan dibekali dengan keterampilan hidup untuk siap menjadi ibu rumah tangga yang baik.

 

Di akhir tausiyah Ustad Fatan menekankan bahwa dalam Parenting Islami setiap kegiatannya diawali dengan doa, dan doa yang paling baik adalah yang bersumber dari Al Quran dan Hadits. Adapun beberapa doa yang bisa diamalkan adalah:

  • Doa agar anak rajin shalat

Rabbij'alnī muqīmaṣ-ṣalāti wa min żurriyyatī rabbanā wa taqabbal du'ā`

Artinya:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Qs. Ibrahim : 40)

 

  • Doa Rassulullah untuk perlindungan anak

U'iidhukumaa bikalimaatil laahit taammati min kulli syaithoonin wa haammatin waminkulli 'ainin laammati

 Artinya :

"Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang sempurna untuk kalian berdua, dari gangguan setan dan binatang berbisa, dan dari pandangan mata (ain) yang membuat sakit." (HR. Bukhari & Abu Daud)

 

  • Doa agar anak pintar dalam memahami ilmu agama (Doa Rasulullah untuk Ibnu Abbas)

Allahumma Faqqihhu fid din wa allimhu at ta’wiil.

Artinya:

“ Ya Allah, jadikanlah dia (anakku) faham agama dan ajarilah ia tafsir”

 

Setelah mendengarkan tausiyah dari Ustad Fatan, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan ditutup dengan pembacaan doa bersama.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ramadhan Festival 2020, Pemilihan dai cilik Wibraga

Sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi bulan ramadhan tahun ini, juga dalam masa selama pembelajaran di rumah, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menyelenggarakan "Ramadhan Festival 2020".

12/05/2020 09:40 - Oleh Administrator - Dilihat 748 kali
Pengajian Tunas Mentari Kelas 4C SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, Syarat Agar Allah Memenuhi Janji

Banyaknya kegiatan yang ada tidak menyurutkan semangat siswa kelas 4C dan wali siswa untuk menyemarakkan kegiatan yang ada. salah satu kegiatan yang dilaksanakan siswa kelas 4C SD Muham

16/12/2019 13:25 - Oleh Chrisna Yudha Eko A.,S.Pd. - Dilihat 314 kali
Pengajian Tunas Mentari Kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, Keteladanan Uwais Al Qorni - Surga di bawah telapak kaki ibu

Sabtu, 14 Desember 2019 YOGYAKARTA, sdmuhwirobrajan3.sch.id --Siswa siswi, wali murid, wali kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menghadiri kegiatan pengajian rutin 2 bulanan Tunas Men

16/12/2019 13:20 - Oleh Didik Firmanto, S.Pd. - Dilihat 334 kali
Pengajian Tunas Mentari kelas 5D periode November 2019, Keteladanan Nabi Muhammad saw

sdmuhwirobrajan3.sch.id, Yogyakarta Pengajian Tunas MentariKelas 5D putaran ke-2Tema        : Keteladhanan Nabi Muhammad SAWPembicara: ustadzah bunda suciati AtikTem

03/12/2019 10:20 - Oleh Panitia Pengajian Tunas Mentari 5D - Dilihat 281 kali
Pengajian Tunas Mentari kelas 4B periode 2(Oktober) tahun pelajaran 2019/2020, Pentingnya Ibadah Sholat

12 Oktober 2019 YOGYAKARTA, sdmuhwirobrajan3.sch.id - Siswa siswi, wali murid, wali kelas 4B, dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menghadiri kegiatan pengajian rutin 2 bulan

14/10/2019 09:25 - Oleh Didik Firmanto, S.Pd. - Dilihat 271 kali