• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

Syawwalan Keluarga Besar Wibraga 1439 H

sdmuhwirobrajan3.sch.id, Yogyakarta. Ramadhan 1439 H pun telah usai. Kini umat Islam telah masuk ke bulan yang baru, yaitu bulan Syawwal di tahun 1439 H. Bulan yang menurut sebagian orang dikatakan sebagai bulan kemenangan. Kemenangan atas peperangan melawan hawa nafsu saat berpuasa selama 1 bulan. Di bulan inilah, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 memulai aktivitas akademiknya dengan melaksanakan syawwalan sekaligus halal bi halal keluarga besar SD Muhammadiyah Wirobrajan 3.

Sore itu, di halaman SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 (Wibraga), sudah dipenuhi dengan tikar. Meja presensi berikut buku presensi sudah disiapkan di depan pintu masuk halaman sekolah. Kotak-kotak snack untuk menjamu para tamu pun sudah ditata sedemikian rupa di atas meja di dekat meja presensi. Para petugas penjaga presensi maupun among tamu juga sudah bersiap di tempat tugasnya masing-masing.

Memang benar, sore itu, Sabtu, 16 Syawwal 1439 H yang bertepatan 30 Juni 2018 M, Wibraga mengadakan Syawwalan sekaligus halal bi halal keluarga besar SD Muhammadiyah Wirobrajan 3. Bukan hanya guru dan karyawan Wibraga yang diundang pada kesempatan kali ini, namun juga tokoh masyarakat sekaligus dinas dan yayasan juga diundang. Tidak lupa pula, seluruh warga Wibraga diminta untuk mengajak serta anggota keluarganya. Oleh karenanya, halaman Wibraga di sore itu, ramai oleh warga sekolah dan tamu undangan yang lainnya.

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB, dan dibuka oleh Dzulkarnaen, guru yang pada kesempatan tersebut bertindak sebagai pembawa acara. Dzulkarnaen kemudian membacakan satu demi satu susunan acara di depan hadirin. Acara dimulai dengan bertadarus bersama sambil menunggu Kepala Sekolah yang kebetulan masih terkenan macet di jalan. Hadirin diajak Asngari, guru bahasa arab membaca beberapa surat pendek dari juz amma, hingga akhirnya Cahyono selaku Kepala Sekolah pun datang dan duduk bersama para hadirin.

Pembawa Acara(MC) pun kemudian mempersilahkan Cahyono, selaku Kepala Sekolah untuk memberikan sambutannya. Tidak banyak yang disampaikan beliau. Meski demikian, cukup berarti dalam dan penting untuk disampaikan.

"Keberhasilan yang didapat oleh SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 ini tidak terlepas dari dukungan para istri, suami, anak Guru dan Karyawan kami yang mendukung dari rumah. Oleh karenanya, kami ucapkan terima kasih." ucap Cahyono pada sambutannya.

"Saya mewakili jajaran Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, memohon maaf kepada hadirin sekalian apabila selama kami memberikan pelayanan masih terdapat kekurangan dan kesalahan di sana sini." lanjutnya.

Acara kemudian dilanjutnya dengan hikmah syawwalan. Pada hikmah syawwalan, sekolah mohon kepada PCM Wirobrajan agar bertindak sebagai pengisi hikmah syawwalan. Dan dari PCM pun mengutus Ausath Asfianto agar memberikan hikmah syawalan.

"Kalau kita ada kesalahan sesama manusia maka kita harus leburkan dengan sesama manusia tersebut." salah satu nasehat yang diberikan oleh Ausath.

Beliau kemudian menceritakan tentang kisah seorang pemuda yang hendak dibakar oleh Rasulullah karena ibunya tidak mau memaafkan kesalahan anaknya. "Maka mari kita berbuat kebaikan kepada orang tua kita, sesuai dengan Surat Luqman ayat 12.", lanjut beliau.

Acara ditutup pada sekitar pukul 17.00 WIB. Hadirin kemudian dipersilahkan menuju kantin untuk bersama-sama menyantap soto yang telah disediakan oleh sekolah.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kunjungan SKBBSP KL MALAYSIA ke SD Muhammadiyah Wirobrajan 3

Pada tanggal 28 Februari 2024, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta mendapatkan kunjungan dari SK Bandar Baru Seri Petaling(SKBBSP), Kuala Lumpur, Malaysia. Sekolah yang biasanya dip

28/02/2024 17:36 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 540 kali
PUNCAK MILAD WIBRAGA KE-53!

       Pada tanggal 28 Januari 2024, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 telah melaksanakan acara Puncak Milad yang ke - 53 di Gedung Siti Chodijah. Acara tersebut dimulai

28/01/2024 14:24 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 369 kali
Ceria karnaval Hut Kota Jogja 2023

Pada tanggal 5 oktober 2023, SD muhammadiyah Wirobrajan 3 mengadakan karnaval dalam rangka memperingati ulang tahun Yogyakarta ke-267. Pada pukul 07.00 siswa dikumpulkan di lapangan unt

01/11/2023 16:47 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 704 kali
Kerennya wibraga got’s talent di Jogja City Mall

Pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2023 pukul 15:00, Wibraga menunjukan talenta-talenta terbaiknya di Jogja City Mall. Suasana di sana terlihat cukup ramai penuh dengan antusias. Peserta

01/11/2023 16:39 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 455 kali
GENERASI EMAS ''SISTER SCHOOL'' WIBRAGA GOES TO NEGERI SINGA DAN JIRAN

SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 kembali melaksanakan Program Sister School yang sempat vakum karena Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pada 10-14 September 2023, SD Muhamamdiyah Wirobra

24/09/2023 18:03 - Oleh @Ratna - Dilihat 518 kali