• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

PENGAJIAN RUTIN TUNAS MENTARI Kelompok 4 Kelas 5D periode April 2019, Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak

Yogyakarta - sdmuhwirobrajan3.sch.id, Pengajian rutin “Tunas Mentari” kelas 5D SD Muhammadiyah Wibraga alhamdulillah telah terlaksana dengan khidmad dan lancar. Pengajian dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 pada pukul 09.00 WIB di kediaman Ananda Jendra, yangmana dihadiri sekitar 50 wali murid beserta siswa kelas 5D.

Selain siswa beserta wali, pengajian ini juga dihadiri oleh Bapak Dadang selaku wali kelas 5D dan juga menghadirkan Bapak Gondo selaku pemateri sekaligus menampilkan permainan sulap. 

Acara pengajian dibuka oleh Ananda Sahla dan Talita selaku MC, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al quran oleh ananda Risvan dan Saskya sebagai sari tilawah. Kemudian sambutan Ibu Ita selaku wali murid, dilanjutkan sambutan Bapak Dadang sebagai Wali Kelas.

 

Ayat yang dilantunkan adalah:

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Qs. Al Anfal: 28)

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” (Qs. Al Munafiqun: 9)

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”  (Qs. An Nisa’: 9)

Acara inti pengajian disampaikan oleh Bapak Gondo yang bertemakan “Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak”. Adapun selama penyampaian materi, anak-anak dan wali murid yang hadir mendapatkan selingan penampilan permainan sulap yang menarik dan juga ada pemberian doorprice bagi semua siswa dan wali murid yang beruntung menjawab pertanyaan.

 

Tema Materi: Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak

Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan. Apalagi diberi hak kepemilikan saat usia mereka masih di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari.

Anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, memiliki risiko kesehatan serius yang bisa mematikan.

Berikut ini adalah 10 bahaya penggunaan gadget pada anak, yang bersumber dari berbagai penelitian. Sehingga bisa menjadi alasan kuat kenapa orangtua sebaiknya tidak memberikan gadget pada anak sebelum usia 12 tahun.

1.     Mengganggu pertumbuhan otak anak

2.     Tumbuh kembang yang lambat

3.     Obesitas

4.     Kurang tidur

5.     Kelainan mental

6.     Sifat agresif

7.     Kecanduan

8.     Pikun digital

9.     Radiasi emisi

10.   Proses belajar yang tidak berkelanjutan

Kesimpulannya adalah bagaimanapun teknologi tetap memiliki peran dalam membantu perkembangan anak, asalkan kita tahu batasannya. Setuju teman-teman??

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Ramadhan Festival 2020, Pemilihan dai cilik Wibraga

Sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi bulan ramadhan tahun ini, juga dalam masa selama pembelajaran di rumah, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menyelenggarakan "Ramadhan Festival 2020".

12/05/2020 09:40 - Oleh Administrator - Dilihat 141 kali
Pengajian Tunas Mentari Kelas 4C SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, Syarat Agar Allah Memenuhi Janji

Banyaknya kegiatan yang ada tidak menyurutkan semangat siswa kelas 4C dan wali siswa untuk menyemarakkan kegiatan yang ada. salah satu kegiatan yang dilaksanakan siswa kelas 4C SD Muham

16/12/2019 13:25 - Oleh Chrisna Yudha Eko A.,S.Pd. - Dilihat 50 kali
Pengajian Tunas Mentari Kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, Keteladanan Uwais Al Qorni - Surga di bawah telapak kaki ibu

Sabtu, 14 Desember 2019 YOGYAKARTA, sdmuhwirobrajan3.sch.id --Siswa siswi, wali murid, wali kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menghadiri kegiatan pengajian rutin 2 bulanan Tunas Men

16/12/2019 13:20 - Oleh Didik Firmanto, S.Pd. - Dilihat 50 kali
Pengajian Tunas Mentari kelas 5D periode November 2019, Keteladanan Nabi Muhammad saw

sdmuhwirobrajan3.sch.id, Yogyakarta Pengajian Tunas MentariKelas 5D putaran ke-2Tema        : Keteladhanan Nabi Muhammad SAWPembicara: ustadzah bunda suciati AtikTem

03/12/2019 10:20 - Oleh Panitia Pengajian Tunas Mentari 5D - Dilihat 47 kali
Pengajian Tunas Mentari kelas 4B periode 2(Oktober) tahun pelajaran 2019/2020, Pentingnya Ibadah Sholat

12 Oktober 2019 YOGYAKARTA, sdmuhwirobrajan3.sch.id - Siswa siswi, wali murid, wali kelas 4B, dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menghadiri kegiatan pengajian rutin 2 bulan

14/10/2019 09:25 - Oleh Didik Firmanto, S.Pd. - Dilihat 41 kali