• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

Pengajian Tunas Mentari Kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, Keteladanan Uwais Al Qorni - Surga di bawah telapak kaki ibu

Sabtu, 14 Desember 2019

YOGYAKARTA, sdmuhwirobrajan3.sch.id --Siswa siswi, wali murid, wali kelas 4B SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menghadiri kegiatan pengajian rutin 2 bulanan Tunas Mentari, Sabtu (14/12/2019) dengan tempat berbeda dari biasanya yaitu di Petra Accessories dan diunduh oleh wali siswa 4B kelompok 3. Sebagai pembawa acara adalah ananda Damara dan Nisa. Tilawah bil ghoib (tanpa melihat mushaf) oleh ananda Rofii, Bisma, Faran, dan Nabila. Sebagai kamerawati ananda Khumaira yang akrab dipanggil Aira. Tunas Mentari kelas 4B kali ini tanpa kehadiran Kepala Sekolah, Cahyono, S, Ag. karena beliau selaku ketua LazisMu propinsi DIY ada agenda out bond Staf Kantor Lazismu se DIY. 

Dalam sambutannya, wali kelas 4B, Didik Firmanto, S. Pd. yang akrab dipanggil dengan Mister Didik mengatakan bahwa indikator keberhasilan seorang siswa tidak hanya dilihat dari nilai akademik maupun ranking tetapi juga yang tidak kalah penting yaitu sejauh mana siswa memiliki rasa percaya diri untuk tampil dengan bekerjasama dan berkolaborasi dengan siswa yang lain. Didik juga menyampaikan bahwa untuk melatih rasa percaya diri, kerjasama, dan kemampuan berkolabirasi siswa, sekolah mengadakan class meeting Audisi Wibraga Berprestasi dengan cabang lomba tilawah/qiroah, tartil, menyanyi, pildacil, kaligrafi, dan adzan kategori putra dan putri, serta kelas bawah dan kelas atas. Mengomentari meeting corner Petra Accessories yang sangat indah penuh dengan warna-warni bunga, Didik menganalogikan dengan dinamika kehidupan yang terjadi pada diri kita seperti susah-senang, sehat-sakit, kecukupan-kekurangan, dan lain-lain sebenarnya justru menambah indahnya kehidupan kita. Selanjutnya, Didik juga memberi informasi bahwa PAS sudah usai dan ada beberapa remidial test untuk beberapa mata pelajaran dan InsyaAllah buku raport akan dibagikan Jumat, 20 Desember 2019 mulai pukul 08.00-10.00 di kampus SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta.

Pengajian tunas mentari kelas 4B kali ini diisi oleh Ustadz M. Nurochman. S.Sos.I. yang akrab dipanggil dengan Kak Nanang Rambo. Dengan gaya penyampaian yang asyik, lucu serta mudah dicerna oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kak Nanang mengisahkan seorang tabiin yang sebenarnya hidup di jaman Rusulullah SAW yang bernama Uwais Al Qorni. Walaupun hidup sejaman dengan Nabi SAW, Uwais Al Qorni tidak disebut sebagai sahabat Nabi SAW karena belum pernah jumpa dengan Nabi SAW dikarenakan kesibukan berkhidmat kepada ibunya. Uwais Al Qarni mengidap penyakit sopak dan tubuhnya belang-belang. Walaupun cacat, ia sangat sholih dan berbakti kepada Ibunya. Ibunya adalah seorang wanita tua yang lumpuh dan Uwais senantiasa merawat serta memenuhi semua permintaan dan kebutuhan Ibunya. 

Rasa rindu Uwais kepada Nabi SAW tak tertahankan sehingga dengan berat hati Uwais meminta izin kepada ibunya pergi ke Madinah untuk berjumpa Nabi SAW. Dengan perasaan haru dan berat akhirnya sang ibu mengijinkan Uwais ke Madinah dengan berpesan supaya segera pulang jika sudah berjumpa Nabi SAW. Uwais pun menyiapkan segala keperluan ibunya selama ditinggal dan menitipkannya kepada tetangga Uwais. Sesampainya di Madinah, Uwais mengetuk pintu rumah Nabi SAW namun yang ada hanya Aisyah r.ha kerena nabi sedang fii sabilillah di medan perang dan tidak tahu kapan Nabi SAW pulang. Uwais sangat sedih dan bingung haruskah menunggu sampai Nabi SAW pulang atau segera pulang kembali ke Yaman sesuai pesan ibunya yang sudah tua. Uwais pun akhirnya memilih untuk segera kembali ke Yaman sesuai pesan ibunya walaupun belum berjumpa dengan Nabi SAW. 

Setelah perang usai, Nabi SAW kembali ke Madinah dan bertanya kepada Asiyah r.ha mengeneai pemuda yang mencarinya. Nabi SAW bersabda kepada Aisyah r.ha bahwa pemuda tersebut adalah penduduk langit. Allah telah ridho atas khidmat Uwais kepada ibunya sehingga Allah mengabarkan hal ini kepada Nabi SAW. Maka Nabi SAW mengabarkan kepada para sahabat r.hum jika sepeninggal nabi kelak datang seseorang dari Yaman dengan ciri-ciri di tengah telapak tangannya ada tanda putih, para sahabat r.hum diperintahkan untuk minta doa dan istighfar kepada Uwais Al Qorni karena dia adalah penduduk langit. Demikian, walaupun Uwais seorang tabi'in yang derajatnya di bawah para sahabat r.hum namun karena kesholihannya, Nabi SAW berpesan kepada para sahabat r.hum untuk meminta doa dan istighfar kepada Uwais jika berjumpa. Benar yang dikabarkan Nabi SAW, Uwais datang pada jaman kekholifahan Umar bin Khotob r.hu dan para sahabat r.hum mengenali dengan ciri yang disampaikan Nabi SAW. akhirnya Umar bin khottob r.hu yang ketika itu ditemani oleh Ali bin Abi Tholib r.hu meminta doa dan istighfar kepada Uwais Al Qorni. Uwais sempat menolak karena merasa derajatnya lebih rendah dibanding para sahabat r.hum namun atas desakan kholifah Umar bin Khottob r.hu akhirnya Uwais berkenan memberikan doa dan istighfar untuk para sahabat r.hum.

Kak Nanang menyampaikan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu bukan secara harfiah surganya ada di bawah telapak kaki ibu tetapi maksudnya surga kita semua bergantung pada bagaimana akhlak kita kepada ibu dan ridho Allah kepada kita ada pada ridho ibu kepada kita. Kak Nanang mengajak para siswa dan wali siswa untuk senantiasa berbakti kepada orang tua terutama kepada ibu.

Di akhir sesi, penyelenggara dari kelompok 3 membagi doorprize untuk anak-anak yang diwakili oleh wali kelas 4B, Didik Firmanto, S. Pd. dengan memberikan pertanyaan seputar pelaksanaan Audisi Wibraga Berprestasi 2019.

Sebelum ditutup, Petra Accessories memberikan pelatihan membuat gantungan kunci untuk anak-anak kelas 4B dengan bahan dan trainer gratis dari Petra Accessories dan setelah jadi gantungan kuncinya boleh dibawa pulang. Wah, senangnya anak-anak. Terimakasih Petra Accessories, semoga dicatat sebagai amal baik dan mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT, aamiin.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 - 11.30 diakhiri dengan foto bersama dan yel-yel kelas 4B. Video liputan pengajian tunas mentari 4B ini bisa dilihat di www.youtube.com/didikfirmanto . Alhamdulillah, pengajian Tunas Mentari kelas 4B berjalan lancar dan semoga menjadi asbab hidayah untuk umat, aamiin. (Didik)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
GENERASI EMAS ''SISTER SCHOOL'' WIBRAGA GOES TO NEGERI SINGA DAN JIRAN

SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 kembali melaksanakan Program Sister School yang sempat vakum karena Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pada 10-14 September 2023, SD Muhamamdiyah Wirobra

24/09/2023 18:03 - Oleh @Ratna - Dilihat 523 kali
Gema Isra Miraj SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Mendidik Siswa Menjadi Generasi Religius, Empati dan Sehat

SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggelar acara peringatan Isra Miraj 1444 H pada Jum’at (17/02/2023). Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan guna memeriahkan peringatan Isr

20/02/2023 23:54 - Oleh @Ratna - Dilihat 560 kali
SD Muh. Wirobrajan 3 Sukseskan Bulan Imunisasi

Manfaat BIAS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis 22-24 November 2

25/11/2022 01:45 - Oleh @Ratna - Dilihat 977 kali
Kisah Imam Syafi’i. Kisah yang menarik untuk dikisahkan kepada anak-anak

Yogyakarta – 2022. Perdana, Kelas 3D Ammar bin Yasir, kelas yang sering disebut 3 D’Best, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta melaksanakan Pengajian Tunas Mentari. Kali

28/09/2022 21:19 - Oleh Septa Rismanto - Dilihat 1242 kali
GENERASI EMAS WIBRAGA SIAP BERPRESTASI DAN BERKARAKTER

Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 776 siswa yang terbagi menjadi 24 rombel.  Kegiat

20/07/2022 05:12 - Oleh @Ratna - Dilihat 1097 kali